Selasa, 27 Oktober 2015

HKS Purworejo, Tetenger Pendidikan Guru di Indonesia

Berdiri lebih dari seabad lamanya, gedung yang berada di tengah lingkungan kota Purworejo itu sama sekali tak berubah fungsinya semenjak ia dibangun ; sekolah. Itulah kompleks eks HKS Purworejo, tetenger pendidikan guru masa kolonial, yang kini lestari menjadi SMA N 7 Purworejo. Tak banyak yang tahu bahwa kompleks sekolah tua itu merupakan sekolah yang istimewa pada zamannya. Lalu bagaimanakah kisah lengkap dari kompleks sekolah sarat nilai sejarah ini ?
Gerbang masuk ke kompleks HKS.
Sungguh menyenangkan bagi saya ketika langkah kaki ini berayun menyusuri setiap jengkal kompleks sekolah ini. Melihat gedung lawas yang masih berdiri kokoh serta merasakan keteduhan pohon-pohon di dalamnya merupakan suatu kenikmatan tersendiri.
Sisi luar dan dalam ruang guru yang dahulu merupakan sebuah ruang lobi.
Kini, saya berdiri di hadapan bangunan utama HKS Purworejo yang tak terlalu besar, namun elok. Bangunan ini dulunya merupakan lobi utama HKS Purworejo, dan di samping kanan dan kirinya, terdapat beberapa ruangan kantor. Kini bagian lobi tersebut diubah menjadi ruang guru. Tampak hiasan pion yang bertengger manis di puncak bangunan. Gedung ini semakin terlihat menawan dengan taman kecil yang terhampar rapi di depannya. Di sini, saya masih bisa menjumpai lampu taman & bangku duduk yang sudah ada semenjak sekolah ini dibangun. Mungkin di taman itulah para siswa HKS Purworejo rehat sejenak, melepas penat setelah seharian belajar. Mata saya kemudian menatap sebuah sengkalan yang tertoreh jelas di dinding depan bangunan itu, “ 1915”. Ya, itulah tahun selesainya gedung ini dibuat. Sayapun mencoba menerawang kembali ke masa dimana gedung sekolah itu hendak didirikan.
Gedung H.K.S sisi timur dan tamannya yang masih tertata rapi.

Gedung H.K.S sisi barat. Di bagian ini sekarang sudah tertutup oleh bangunan baru ( sumber : Indie, 21 Februari 1923 )
Sekolah ini, sesungguhnya hanyalah buah dari sebuah pohon besar. Pohon besar itu bernama Politik Etis, yang memiliki lima cabang besar, yakni pendidikan, kesehatan, komunikasi, irigasi, dan transmigrasi. Namun dari kelima cabang tadi, yang paling terasa dampaknya di kemudian hari ialah pendidikan. Lewat pendidikan, lahirlah golongan bumiputera terpelajar yang akan melakukan perlawanan gaya baru terhadap penindasan pemerintah kolonial, yakni dengan tulisan, gagasan, dan perkumupulan.
Sang direktur pertama H.K.S, J.D. Winnen dan keluarganya di depan kediamannya. Bangunan ini sekarang masih utuh dan menjadi kantor Kesbangpol. (Sumber : Troppenmuseum.nl).
Menariknya, politik etis dipicu dari ketidaktegaan orang-orang Belanda melihat nasib bangsa yang dijajahnya terlalu menderita. Sumber daya alam dikuras habis-habisan, sementara kaum bumiputera dibiarkan melarat, bodoh dan penyakitan. Kritikan paling keras datang dari Eduard Douwes Dekker, asisten Residen Lebak, yang menuliskannya lewat karya kontroversialnya, Max Havelaar.  Singkat cerita, Ratu Wilhelmina akhirnya memberi dukungan Politik Etis lewat pidato kenegaraanya di bulan September tahun 1901 (Cribb & Kahin 2012;431).
Dibutuhkan dana sebesar f 43.000 untuk mendirikan gedung baru H.K.S Purworejo. Artikel dari harian Sumatera Post, tanggal 22 Mei 1916.
Sejak Politik Etis direstui oleh sang ratu, sekolah-sekolah milik pemerintah kolonial segera dibuka di berbagai tempat. Salah satunya ialah H.I.S. ( Hollandsch Indlandsch School ), jenjang sekolah dasar paling bergengsi dengan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantarnya. Seiring dengan makin banyaknya H.I.S yang dibuka, maka semakin besar pula kebutuhan akan tenaga pendidik. Mendatangkan guru-guru dari Eropa jelas menghabiskan banyak biaya, apalagi standar upah mereka lebih tinggi. Enggan mendatangkan guru dari Eropa, akhirnya pemerintah kolonial menemukan jalan keluar untuk mendapatkan guru dengan cara mudah dan murah ; mendidik kaum bumiputera menjadi guru. 
Lokasi HKS pada peta tahun 1905, 10 tahun sebelum Kompleks HKS belum dibangun. Pada waktu itu, lahan HKS masih berupa Exercitie plein atau lapangan latihan militer (Sumber : maps.library.leiden.edu).

Sebuah foto udara yang memperlihatkan kompleks infantri Kedungkebo (sekarang Yonif 412 ). Foto ini menghadap ke arah utara. Terlihat sebagian sisi timur kompleks HKS (sumber : media-kitlv.nl).
Awalnya, untuk mendidik bumiputera menjadi guru, dibukalah sekolah kweekschool. Namun jenjangnya tidak terlalu tinggi. Ia hanya setara dengan SPG di tahun 1980an yang dulu sempat ada. Padahal untuk H.I.S. sendiri membutuhkan tenga pengajar dengan standar lebih tinggi daripada kweekschool biasa. Oleh sebab itulah pada tahun 1914, pemerintah kolonial membuka sekolah pendidikan guru yang jenjangnya lebih tinggi daripada kweekschool, Hoogere Kweekschool ( H.K.S ). Pemerintah kolonial hanya membuka HKS di dua kota saja di Jawa, satu di Bandung, menempati gedung kweekschool pertama di Hindia-Belanda, dan satunya lagi dibangun di Purworejo, di atas lahan latihan tentara. Pembangunan kompleks H.K.S Purworejo itu menelan biaya sebesar f 40.000. Namun, perlu diketahui bahwa H.K.S Purworejo sebenarnya sudah dibuka sejak bulan Oktober 1914, setahun sebelum gedung sekolah selesai dibangun. Karena begitu pentingnya sekolah itu bagi pemerintah Hindia-Belanda, pembukaan secara resmi dihadiri oleh direktur Onderwijzens en Eredienst, DR. J. Hazeu. Sementara itu. J.D. Winnen mengemban amanat sebagai direktur pertama H.K.S Purworejo. Sekalipun sekolah ini didirikan oleh Belanda, namun siswa-siswa yang mengenyam pendidikan di sini justru semuanya berasal dari kalangan bumiputera.
Ujian akhir harus ditempuh semua siswa H.K.S untuk mendapat ijazah yang dapat mereka pakai untuk mengajar di H.I.S. Artikel dari Bataviasch Nieuwsblad, tanggal 13 Februari 1918.
Namun sayang, berselang lima belas tahun setelah dibuka, H.K.S Purworejo akhirnya ditutup gegara dana dari pemerintah kolonial tak mampu menuntup biaya pengelolaannya. Aktivitas H.K.S. Purworejo kemudian dipindahkan ke H.K.S Bandung. Namun setahun kemudian, H.K.S. Bandung pun ditutup. Betapa singkatnya usia H.K.S. Purworejo. Namun di usia yang singkat tersebut, H.K.S. Purworejo berhasil meluluskan ratusan siswanya yang berasal dari berbagai penjuru negeri, menjadi guru-guru H.I.S yang tersebar di seantero Hindia-Belanda. Tak sedikit pula guru-guru lulusan H.K.S. Purworejo yang terjun ke pergerakan nasional. Salah satunya yang paling mahsyur ialah Otto Iskandar di Nata, Si Jalak Harupat dari bumi priangan yang lulus dari H.K.S Purworejo tahun 1924.
Para staff H.K.S Purworejo ( sumber : budayapurworejo.blogspot.com ).
Lalu bagiamankah dengan nasib gedung H.K.S. Purworejo setelah ia tak terpakai lagi ? Ia masih tetap menjadi sekolah di bawah naungan M.U.L.O ( Meer Uitgebreid Lager Onderwijzer ), hingga zaman Jepang. Pada zaman Jepang, ia menjadi Sekolah Menengah Pertama. Paska kemerdekaan, ia kembali lagi menjadi sekolah guru. SPG ( Sekolah Pendidikan Guru ) namanya. Oleh karena itu, generasi tua masyarakat Purworejo lazim menyebut gedung ini sebagai SPG. Setelah berdiri sejak tahun 1968, SPG akhirnya dihapuskan tahun 1991. Namun ia masih tetap digunakan sebagai sekolah. Kali ini sebagai SMA Negeri. Kini, eks kompleks H.K.S. Purworejo lestari sebagai SMA N 7 Purworejo ( Pranoto, 2015 ). Saya sungguh mengapresiasi usaha dari pihak sekolah untuk mengupayakan agar kompleks sekolah ini tetap terawat dengan baik di tengah tuntutan sarana dan prasanara pendidikan yang kian banyak.
Lampu taman yang masih asli.
Bangku taman dari semen.
Sebenarnya, untuk ukuran sebuah gedung sekolah tinggi zaman Belanda, arsitektur gedung ini biasa saja. Hal yang paling menonjol dari kompleks ini justru terletak di penataan bangunan-bangunan yang ada di dalamnya. Lihatlah, bagaimana menyatukan bangunan yang berbeda fungsi seperti lobi, kantor guru, ruang kelas, gymnasium, dapur, ruang makan, ruang kesehatan, dan asrama dalam satu kompleks besar. Masing-masing bangunan tadi disatukan oleh sebuah doorlop yang luar biasa panjangnya. Si perancang gedung juga membuat setiap bangunan tidak berdiri terlalu terjepit, sehingga terciptalah keleluasaan ruang yang memberi rasa nyaman dalam kegiatan belajar mengajar.
Lapangan dan pohon trembesi besar.
Sayapun mencoba berjalan-jalan untuk menikmati kompleks ini. Suasana sekolah hari itu terasa sepi karena sedang hari libur. Tak ada kegiatan belajar mengajar dan yang terlihat hanyalah beberapa siswa yang sedang berlatih olahraga di lapangan luas. Di ujung lapangan, tampak pohon tanjung yang menjulang tinggi dengan dahannya yang lebat, memberi keteduhan kepada siapapun yang ada di bawahnya. Pohon itu sekilas mungkin tak berbeda dengan pohon besar pada umumnya, tapi bagi siapapun yang pernah bersekolah di sini, pohon itu adalah pohon yang sarat akan kenangan dan romantisme.
Doorstop yang berfungsi untuk mencegah daun jendela atau pintu tertutup kembali akibat tertiup oleh angin.
Beranda gedung utama.
Doorlop panjang yang menghubungkan setiap bangunan di dalam kompleks H.K.S.
Saya kini mencoba untuk mengamati lebih dekat setiap bangunan yang ada di kompleks ini. Satu yang menarik dari perhatian saya adalah daun jendela yang terdapat pada gedung utama. Seperti umumnya bangunan dari masa kolonial, ia masih menggunakan jendela krepyak. Tapi yang membedakannya adalah adanya tonjolan di luar daun jendela. Saya awalnya tak paham apa fungsi tonjolan itu. Tapi begitu saya melihat ada semacam pengait di dinding dan posisinya pas dengan tonjolan itu ketika jendela dibuka, saya akhirnya paham. Tonjolan itu namanya doorstop, biasanya dipakai untuk mencegah daun jendela atau pintu tertutup kembali akibat tertiup angin. Baru di gedung inilah saya menjumpai doorstop pada bangunan kolonial.
Ruang makan.
Dapur.
Kamar mandi siswa.

Bekas ruang pelayanan kesehatan H.K.S. Sempat kosong dan menjadi sarang kelelawar selama bertahun-tahun, kini ia dipergunakan sebagai ruang kelas.
Kini, saya sedang berjalan menyusuri doorlop yang luar biasa panjang ini. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, doorlop ini merupakan penghubung utama antar bangunan yang ada di dalam kompleks. Salah satu bangunan itu ialah ruang makan yang berada tepat di tengah kompleks bersama. Gedung ruang makan ini berhadapan dengan bangunan gymnasium yang kini telah berubah wujud. Di belakang ruang makan, terdapat dapur yang juru masaknya masih menggunakan kompor yang sama dengan juru masak ketika sekolah ini masih bernama H.K.S. Terlihat asap yang mengepul tipis dari cerobong yang menonjol di atap.
Tampak luar bangunan ruang kelas dengan puncak berbentuk menara kecil.
Suasana ruang kelas dengan lantai tegel yang masih asli.
Sayapun akhirnya sampai di area barat kompleks HKS Purworejo. Di sini, terdapat sebuah bangunan yang dulu menjadi tempat kegiatan belajar mengajar. Tampak deretan kelas dengan pintu-pintunya yang tergembok dari luar. Saya mencoba mengintip salah satu ruang kelas dari sebuah jendela kaca. Ah, sungguh ruang kelas yang sarat kenangan untuk siapapun yang pernah belajar di kelas itu. Dari sini, saya amati pencahayaan di dalamnya sangat baik lewat jendela kaca yang ada di kedua sisi kelas. Udara di dalamnya pun terasa sejuk sekalipun tanpa pendingin udara karena sirkulasi udara di dalam ruang diatur oleh angin-angin yang ada di atas dan di bawah ambang jendela. Dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang sudah tertata baik, siapakah yang tak betah belajar di kelas ini ? Di ruangan itu, saya dapat membayangkan kembali, manakala siswa-siswa H.K.S sedang diberi materi pelajaran berupa ilmu pedagogic dan pengetahuan umum dalam bahasa Belanda. Saya juga bisa membayangkan bagaimana raut tegang para siswa-siswa H.K.S mengikuti ujian akhir sebagai syarat lulus dari H.K.S.
Asrama.
Di belakang sekolah ini, terdapat dua buah bangunan kecil memanjang dengan beberapa deret kamar. Itulah bekas asrama siswa H.K.S yang kini tetap menjadi asrama meskipun sudah sedikit berkurang jumlahnya. Di asrama itulah para siswa-siswa H.K.S harus tinggal dengan pengawasan ketat layaknya sekolah kedinasan pada zaman sekarang. Namun demikian, mereka diberi beragam fasilitas secara cuma-cuma oleh pemerintah seperti makanan dan layanan kesehatan. Setiap bulan mereka mendapat tunjangan sebesar f 20 ( Kays, 1922; 233 ). Para siswa-siswa H.K.S yang berasal dari berbagai daerah lalu berhimpun dalam suatu perhimpunan bernama De Broederschap. Kadang perhimpunan ini mengadakan pertandingan olahraga sesama H.K.S.
Rumah dinas dengan model atap perisai.
Rumah dinas dengan model atap tajug.
Rumah dinas dengan model atap Dutch-Hip.

Rumah dinas kepala HKS Purworejo. Foto lama dapat anda lihat di atas.
Setelah puas melihat-lihat kompleks yang masih terawatt dengan baik, saya pun bergegas keluar menyambangi Jalan Ki Mangun Sarkoro, tempat deretan rumah dinas staf H.K.S Purworejo berdiri begitu rapi. Di ujung jalan yang syahdu ini, ada dua buah tugu sebagai penanda masuk kompleks H.K.S Purworejo. Di tugu itulah saya menjumpai monogram H.K.S Purworejo yang masih tampak jelas. Semua rumah disini bentuknya masih asli dan kompleks ini masih terlihat indah sekalipun sebuah bangunan baru menjulang begitu anehnya di tengah-tengah kompleks. Rumah-rumah ini memiliki tiga model yang berbeda dan kesemuanya ditata dalam pola yang unik, yakni pola a-b-c-c-b-a seperti cermin. Rumah dinas staf H.K.S Purworejo tak hanya di Jalan Mangun Sarkoro saja. Ada tiga buah rumah berdiri di tepi jalan raya yang ramai. Satu di Jalan Mayjend.Sutoyo, dan dua di jalan Urip Sumoharjo. Salah satu rumah tersebut merupakan rumah paling besar di kompleks H.K.S Purworejo dan rumah itu merupakan tempat tinggal direktur H.K.S Purworejo dan kepala sekolah sesudahnya hingga beberapa saat lalu secara tiba-tiba menjadi kantor instansi pemerintah. 
Monogram H.K.S yang berada di pintu masuk kompleks.
Dengan berat hati, sayapun meninggalkan kompleks sekolah itu. Namun, tersimpan sebuah rasa bangga dan bahagia di hati kecil saya. Bangga karena di kota tempat saya lahir dan tumbuh, tersimpan sebuah jejak pendidikan guru yang menyimpan nilai sejarah perjuangan bangsa. Bahagia karena ia masih lestari dengan baik sampai sekarang, menjadi tetenger yang memberi wajah tersendiri untuk kota Purworejo. Sayapun hanya bisa berharap, mulai dari warga sekolah hingga semua masyarakat Purworejo, untuk bisa selalu merawat warisan sejarah yang dimilikinya. Sebuah warisan berharga yang hendak kita wariskan untuk generasi selanjutnya….

Referensi
Pranoto, Agung.2015 .Dalam  http://budayapurworejo.blogspot.co.id/2015/03/sejarah-hks-hoogere-kweekschool.html.

Cribb, Robert & Kahin, Audrey. 2012. Kamus Sejarah Indonesia. Depok : Komunitas Bambu.

Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indië, 18 September 1914

Kays, J. 1922. Warna Sari Melajoe. Weltevreden : Boekhandel Visser & Co.


Vidi S, Albertus Agung. 2009. " Dinamika Pola Tata Ruang HKS Sampai SMAN 7 Purworejo". Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gajah Mada.

7 komentar:

  1. Cool.....
    saya bangga sebagai salah satu alumni SMA 7... :P

    BalasHapus
  2. Sangatlah beruntung pernah menuntut ilmu selama 3 tahun di SMA ini..
    Sungguh bangga menjadi alumni Smansev :D

    BalasHapus
  3. Luar biasa... Saya bangga menjadi alumni

    BalasHapus
  4. Saya pun alumni SMA ini. Waktu saya disana namanya SMA N 2 atau SMUNDA.

    BalasHapus
  5. Mantab gan..!!!
    #explore_purworejo

    BalasHapus
  6. Tulisannya bagus, riset bahan dan pengumpulan datanya juara!

    BalasHapus